Rabu, 18 Juli 2012

Potensi dan Permasalahan Kecamatan Kunduran

Potensi dan permasalahan yang ada di Kecamatan Kunduran adalah,:


A. Potensi 
  a. Potensi Fisik Dan Sumberdaya Alam
      Kondisi Kecamatan Kunduran yang memiliki lereng datar sangat cocok dikembangkan pembangunan fisik desa seperti permukiman, perdagangan, pertanian dan sebagainya. Hal ini sesuai dengan kondisi Kecamatan Kunduran yang pemanfaatan lahannya sebagian besar adalah pertanian.
  b. Potensi Penggunaan Lahan
     Penggunaan lahan kecamatan kunduran sebagian besar digunakan sebagai lahan pertanian. Hal ini menjadikan Kecamatan Kunduran lebih maju dalam hal pertanian daripada kecamatan lainnya. 
  c. Potensi Kelembagaan Masyarakat
      Kecamatan Kunduran juga memiliki potensi dalam bidang Kelembagaan. Hal ini dilihat dengan adanya lembaga lembaga masyarakat yang membantu dalam mengembangkan potensi dari Kecamatan Kunduran sendiri. Kelembagaan masyarakat yang berada di Kecamatan Kunduran adalah, Kelompok Tani, LKMD, dan Karang Taruna. 


B. Permasalahan
  a. Permasalahan fisik dan Sumber daya alam. 
      Sebagian besar lahan Kecamatan Kunduran dipergunakan sebagai lahan pertanian. Lahan pertanian tidak menggunakan pengairan, melainkan bergantung sepenuhnya pada curah hujan. Apabila tidak terjadi hujan, maka sawah tidak terairi dan dapat berakibat pada gagal panen. 
  b. Permasalahan sarana dan prasarana. 
      Keadaan sarana dan prasarana di Kecamatan Kunduran dapat dikatakan cukup buruk. Di banyak lokasi di Kunduran, ditemukan jalan dengan keadaan rusak. Hal ini akan berakibat pada kegiatan distribusi yang terganggu. 
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar