Rabu, 18 Juli 2012

Ke Blora #4

Rabu, 23 Mei 2012, Hari Ketiga

    Observasi Lapangan berlanjut hingga hari ketiga. Pada hari ketiga ini, Kelompok Kunduran mengirimkan dua orang perwakilannya untuk kembali berangkat menuju Kabupaten Blora. Tujuan kembali ke Kabupaten Blora adalah mendapatkan data yang belum mampu didapatkan di hari sebelumnya. Sementara dua orang berangkat menuju Blora, sisa anggota Kelompok Kunduran melakukan observasi lapangan di beberapa desa di Kecamatan Kunduran.
    Tujuan desa yang diobservasi kali ini berjumlah tiga desa, yaitu, desa Tawangrejo, Plosorejo dan Kelurahan Kunduran. Sisa anggota dibagi menjadi dua kelompok untuk mengobservasi keadaan desa serta menyebarkan kuisioner.
    Di Kelurahan Kunduran, disebarkan kuisioner dan observasi lapangan. Sementara di Desa Tawangrejo, juga dilakukan hal yang sama. Namun, di Desa Tawangrejo, ketika itu sedang dilakukan pelelangan tanah bagi petani setempat. Kemudian, hasil dari pelelangan tanah ini dipergunakan untuk membangun desa Tawangrejo sendiri. Hasilnya, pembangunan di Desa Tawangrejo dapat dikatakan lebih maju daripada desa desa lainya.
Suasana Pelelangan Tanah Bengkok di Desa Tawangrejo
    Di sore harinya, observasi lapangan juga dilanjutkan ke Desa Plosorejo. Jalan menuju Desa Plosorejo keadaannya rusak. Jalan menuju Desa Plosorejo masih dibuat dengan bahan dasar batu batu dan belum diaspal. Sesampainya di Desa Plosorejo, kami langsung melakukan observasi lapangan dan penyebaran kuisioner di Desa Plosorejo. Selain itu, kami sempat melakukan wawancara singkat pada warga setempat mengenai keadaan Desa Plosorejo. Berdasarkan opini mereka, Desa Plosrejo merupakan salah satu desa yang terbelakang. Air bersih sulit didapatkan, dan desa ini juga sering mengalami gagal panen.


Masyarakat mengambil air di Desa Plosorejo
    Akhirnya kami kembali pulang ke tempat kami menginap. Tidak lama, kedua anggota Kelompok Kunduran yang lain pulang dengan membawa data yang didapatkan. Data yang didapatkan ini kemudian dikumpulkan menjadi satu dan kami mempersiapkan diri untuk melakukan observasi lapangan di esok harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar