Rabu, 18 Juli 2012

Ke Blora #3

Selasa, 22 Mei 2012, Hari Kedua

    Kegiatan observasi dimulai pada pukul 09.00. Instansi pertama yang dituju adalah Departemen PU. Tujuan pertama adalah Departemen PU. Namun data yang hendak dicari belum didapatkan karena masih dicarikan oleh pegawai yamg bersangkutan. Akhirnya kami membagi kelompok kami dengan menyebar ke beberapa instansi. Instansi instansi yang dituju selanjutnya adalah BAPPEDA, Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan PDAM.
    Di Bappeda, kami berhasil mendapatkan data APBD kecamatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Jangka Panjang, serta file dalam bentuk shapefile yang digunakan untuk membuat peta. Kemudian, kami mendatangi Dinas Pertanian Kabupaten Blora. Namun disana tidak diperoleh data. Pegawai Dinas Pertanian menjelaskan bahwa kedatangan kami sudah terlalu siang, sehingga pegawai dinas Pertanian yang memegang data yang kami butuhkan sudah tidak ada ditempat. Sebagai tindak lanjutnya, kami disarankan untuk datang ke Dinas Pertanian keesokan paginya.
    Berikutnya, kami mendatangi Dinas Perdagangan dan Perindustrian di Kabupaten Blora. Di Disperindag, data yang diperoleh adalah data mengenai potensi industri kecil dan menengah terdapat di Kabupaten Blora. Selain itu, kami juga melakukan wawancara kepada kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Wawancara lebih difokuskan kepada potensi potensi yang ada di Kecamatan Kunduran. Berdasarkan hasil wawancara, terdapat potensi batik di Kecamatan Kunduran. Pemerintah berusaha mengembangkan potensi tersebut dengan cara mengadakan pelatihan bagi para pengrajin batik di Kabupaten Blora. 


Bapak Bagus Tri Atmoko, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kab. Blora

    Setelah dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, sasaran berikutnya adalah PDAM Kabupaten Blora untuk mendapatkan informasi mengenai penggunaan air bersih. Namun informasi tidak berhasil didapatkan dari PDAM Kabupaten Blora ini. Kendalanya adalah tidak adanya surat ijin yang untuk mengambil data di PDAM Kabupaten Blora ini. Akhirnya, kami meninggalkan PDAM dengan tidak memperoleh apa apa.
    Setelah data berhasil didapatkan semua, kami berangkat pulang menuju Kunduran. Kami juga membahas keberangkatan kami kembali ke Blora untuk mendapatkan data data yang belum didapatkan. Kami berencana mengirim dua orang anggota kelompok kami yaitu Daniel dan Ella untuk kembali berangkat ke Blora keesokan paginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar